MERBABU MOUNTAIN : BELUM BADAI, BELUM MERBABU

02.24.00

Udah denger kata – kata merbabu pasti identik dengan sabana yang luas, tanjakan ga abis abis, dan BADAIIIIIIIIIIIIIIII. Kenapa gue ambil judul BELUM BADAI, BELUM MERBABU? Karena kala itu merbabu via selo saat gue daki bareng temen temen pas banget kena badai cunx.
Sebelum via selo saya sendiri bareng temen temen koplak pernah mendaki gunung merbabu via cunthel tapi kaga sampe puncak. Cuman sampe atasnya pos pemancar dan itu bikin nyesel cunx kalo kaga sampe puncak. Tapi emang puncak ga kemana sih ngelihat kondisi team yang udah pada tepar akhirnya fix memutuskan untuk turun.

Yaaahhh gagal puncak~~
Okey pada tgl 2 April 2015 gue bareng sama budi, muna, anom, agus, ashim, wahyu, henda, adit, and nisa berangkat menuju Selo Boyolali seperti biasa kita motoran dari semarang menuju basecamp. Untuk rutenya menuju basecamp dari semarang kita ambil arah salatiga kemudian boyolali terus ambil kanan arah selo.
Kita sampai basecamp malem hari dan saat itu udah rama banget kita singgah bermalam di basecamp pak parman sembari ngopi. Keesokan paginya kita terbangun dan melaksanakan sholat subuh berjamaah dahulu. Let’s go!!!
Sekiranya pukul 07.10 tim kami mulai berangkat menuju pos 1 nya merbabu. Seperti biasa, aku selalu menyempatkan diri untuk membuang ranjau dan selalu mules kalo dah otw pos 1. HAHAHAHA. Dan akhirnya beristirahat sejenak di pos 2 jam 10.03.
Lanjut bosss waktu kita tak sedikit. Kebetulan banget nisa lagi menstruasi hari pertama. OMG aku pun yang harus menjaga doi saat lagi ganti softe* hehehe.
Yup finaly POS 3 jam 12.03. Kita break sekaligus sholat berjamaah dulu sambil makan mie instant

Lanjut lagi boss. Kita akan naik tanjakan yang mulai super P-H-P loh. On The Way POS 4 alias Sabana 1. Rencana kita akan ngecamp di sabana 2 yang radius lumaya deket dengan puncak kentheng songo. Sepanjang perjalanan banyak pendaki lain yang udah mulai frustasi karena tanjakan ini haha. Cuaca mulai agak mendung romantis terselimut kabut tipis dan akhirnya sampai juga di Sabana 1 jam 14.28 . banyak tenda disini yang sudah mulai ngecamp.

Kita terpisah dari agus dan henda yang udah mulai nanjak dari sabana 1 duluan. Karena kita asyik berofoto dan terkagum akan keindahan sabana yang hijau nan luas ini.
Dikarenakan kita terlalu asyik foto foto ternyata agus sudah memanggil manggil saat ditanjakan suruh cepetan haha. Oke deh on the way lagi boss!
HUJAN HUJAN! HURRY UP! Saat ditanjakan menuju sabana 2 kita dihadang hujan deras. Tak berpikir panjang kita mempercepat langkah kita untuk sampai di sabana 2. Langit dah hitam akhirnya sampai juga di sabana 2 dan langsung bikin campsite disitu.
Sewaktu mendirikan tenda kita langsung di hajar hujan yang begitu amat derasnya dan dingin banget. Aku tak bisa bergerak lebih leluasa dan langsung masuk ke tenda yang sudah dibikin. Badai malam itu terasa menusuk tulang dinginnya dan tenda kita terbawa angin kesana kesini.
Malam harinya ada insiden di dalam tenda. Disaat akan tertidur, nisa KESURUPAN! Ini bikin geger setenda cunx. Untungnya di sabana 2 ada orang yang dapet ngeluarin setan di dalam tubuh nisa. Badai tak kunjung henti akhirnya kita tertidur meski dengan sangat ketidaknyamannya dalam tenda.
MORNING IS COMING! Selamat pagi gunung merbabu yang dibelakangnya tercover gunung merapi.

Sarapan dulu seadanya walopun dengan mie instant ( lagi ) sebelum berangkat summit attack puncak kentheng songo.
Summit pun di mulai sekitaran jam 06.35 kita berangkat dan pagi itu sangat cerah efek semalam badai tak kunjung henti. Barang barang kami ditinggal di campsite kita agar enteng tak membawa beban.

Tanjakan demi tanjakan terlewati dan KENTHENG SONGOOOOOOOOOOOOOO !!!!
Sekitar jam 08.00 we’re touchdown at KENTHENG SONGO’S PEAK OF MOUNT MERBABU!

Terlihat gunung andong, telomoyo, ungaran, merapi, sindoro, sumbing menyambut kami di kentheng songo 3145 mdpl. Setelah puas berfoto foto kita turun menuju campsite sabana 2 dan mengisi perut. Menu kami ada sarden telor hahahaha.