PUNCAK WRINGIN RUMAH POHON : Kalibiru Jogja versi Desa Panusupan Purbalingga

05.40.00


Sering liat kan di instagram, DP BBM pada pasang foto di rumah pohon? Gausah jauh jauh ke Kalibiru Jogja guys buat yang tinggal di daerah ngapak bisa dateng aja ke Panusupan Purbalingga. Akses menuju ke Desa Panusupan dari Kota Purbalingga sekitar 45 menit.
Rencana ke Panusupan ini sudah di agendakan bareng temen temen adek saya, kami berangkat berempat dengan motor. Start point pemberangkatan kami dari Kalibagor jam 8 pagi, ya lumayanan jauh sih sampai di panusupan sekitar 1 jam.
Awalnya memang benar benar sama sekali tidak tahu arah jalannya menuju ke Panusupan. Yap , kami cuman bermodalkan GPS ( Gunakan Penduduk Sekitar ). Setahu saya sih desa panusupan itu ke arah rembang jadi sampainya di bobotsari langsung nanya aja sama warga sekitar.
Sesampainya di desa Panusupan ada 2 objek yang akan kami pilih antara Puncak Wringin atau Puncak Sendaren. Berhubung penasaran dengan rumah pohonnya kami memilih ke puncak wringin. Antusian warga desa panusupan memang TOP banget bisa mengelola desanya menjadi sebuah desa wisata yang akhir akhir sedang tren banget dikalangan medsos dari mulut ke mulut.
Kami sampai sekitar jam 9.05 . cuman ada 2 motor saja guys, good times banget nih ternyata kami terlalu pagi haha. Untuk tarif parkir motor dikenakan biaya Rp 2000 apabila ingin menitipkan helmnya dikenakan biaya Rp 1000. Banyak sekali warga yang berjualan di sekitar basecamp puncak wringin dari yang jualan mendhoan, bakso, cemilan, air mineral dll. Tiket masuk nya dikenakan biaya Rp 5000/orang. Di basecamp harus mencatat nama, asalnya darimana, dan no hp pada buku registrasi. hampir sama saat melakukan registrasi ke gunung – gunung. Nah antisipasi biar pada ngga buang sampah sembarangan pihak basecamp memberika 1 buah kantong plastik. Salut banget!
Untuk menuju ke Puncak Wringin sekitar 1,5 – 2 jam. Ya semua tergantung fisik dan kondisi aja sih

Pintu Start Pendakian dan Pengecekan Tiket
View Starting Point

Wahana bermain anak anak disediakan secara gratis beserta ban pelampung

Masih disekitaran pintu masuk terdapat aliran air sawah yang dibikin warga.

Lets go deh POS 1! Jalur menuju puncak wringin ini memang langsung diberikan trek yang terjal! Kaga ada bonus bonus landai guys. Tekstur tanah disini seperti tanah liat jadi lumayan licin kalo pas musim hujan.  
Jalur Trek Puncak Wringin Menuju POS 1

Masih sepi loh kalau berangkat jam 9 an. Di pertengahan trek menuju pos 1 kami beristirahat dahulu sejenak. Gila jalurnya memang hampir mirip sama gunung – gunung coy.
Kalo cape berhenti dulu ya bosku

Dari basecamp ke POS 1 kami memakan waktu 30 menit. Agak lama juga ya guys karena tadi saya menyempatkan diri untuk BERAK! Hahahaa kebiasaan banget kalo ndaki gunung wajib untuk berak di awal pendakan.
POS 1 ( Puncak Gunung Cilik )

Yuhuuu POS 1! Nama lain dari POS 1 adalah Gunung Cilik. Sampai sini udah ngos ngosan banget efek lama ga naik gunung dan trek langsung terjal. View dari pos 1 sudah terbilang cukup tinggi guys bisa liat panorama desa panusupan dari atas sini. Tidak berlama lama berisitirahat langsung lanjut deh ke puncak!
STOP VANDALISME! INI ALAM BOS!

VANDALISME! Duh masih wisata baru aja udah pada ngecoret coret sembarangan gini. Inget coy, ini alam bukan kertas yang bisa kalian coret coret sembarangan. Sepanjang perjalanan menuju puncak pada pegangan tangan berupa bambu ini sudah tercemar coret coretan yang tidak bermutu.
Papan Selamat Datang telah Mencapai Puncak Wringin

Alhamdulillah sampai puncak juga. Kami tiba pukul 10.45 setelah melakukan treking yang cukup terjal akhirnya terbayarkan sudah~
Pondok Peristirahatan di Puncak Wringin
Kirain ini warung yang jualan pop mie atau makanan ternyata ini POS untuk beristirahat. Salut salut!
Di Puncak terdapat camp area untuk yang mau bermalaman disini. Tentunya rumah pohon yang dijadikan spot sejuta umat untuk berfoto. Dari atas sini memang enak banget buat tidur guys anginnya emang recommended banget buat santai santai di atas pohon.
Rumah Pohon Puncak Wringin

Selain itu petugas pengelola puncak wringin ini saling mengkontrol kondisi di puncak dan di trek perjalanan. Petugas kontrol di puncak wringin agar pengujung dapat bergantian menikmati rumah pohon. Pengunjung dibatasi 5 menit saja untuk menaiki rumah poho.

Spot Alternatif Berfoto

Setelah puas bersantai ria di rumah pohon kami turun jam 12. Kebayangkan turun jam 12 siang panasnya seperti apa.  Tapi ada bonusnya nih setelah turun dari puncak. Yaitu Curug Luweng Ireng. Cocok banget ya kan abis panas panasan langsung mandi di curugnya.
Gubug Peristirahatan Curug Luweng Ireng

Anak - Anak Kecil yang berasal asli dari daerah Wringin

Curug Paling Bawah dari ketiga curug

Anak - Anak Kecil Penduduk Wringin Berenang sambil bermain air

Sangat disayangkan kami tidak membawa pakaian dalam dan merasa rugi banget kaga bisa bermain air di curug ini. Yaa cuman membasahi rambut dan cuci muka disini aja udah seger banget kebayang kalo sampai mandi. Nah untuk kedalaman curug ini aman aman saja untuk sekedar menikmati derasnya air yang jatuh. Jadi tuh curugnya ada 3 yang tidak bisa terjangkau oleh kami hanyalah curug yang palng atas.
Curug Kedua di Curug Luweng Ireng

Setelah puas menikmati segarnya curug luweng ireng kami pulang. Dan WOW semakin siang ternyata semakin banyak pengunjung yang naik. Luar biasa memang desa panusupan ini.
Semakin siang Semakin Ramai

HOW TO GET THERE?
Dari Purbalingga kota menuju ke Kec. Rembang . disini saya mengarahkan dari arah Bojongsari. Bojongsari – Mrebet – Bobotsari – ada pertigaan ambil arah rembang - Ketemu Pasa bobotsari ambil kanan – Majapura – Karang Anyar – Karang Moncol – Tajug –Panusupan

TOTAL COST
1. Karcis Parkir Motor = Rp 2.000
2. Tiket Masuk = Rp 5.000

TIPS AND TRICK
- Gunakan sepatu treking atau sandal gunung karena jalur licin.
- Meskipun hanyalah sebuah bukit tetap jangan meremehkan alam but Safety First Fun Later
- STOP VANDALISME! Dilarang mencoret coret dimanapun
- Datanglah lebih pagi karena semakin siang semakin ramai pengunjung
- Bawalah air mineral secukupnya, jangan sampai ga bawa ya karena di atas kaga ada warung
- Habis turun dari puncak wringin rekomen banget buat ngunjungi Curug Luweng Ireng. Enjoykeun aja seger banget dijamin!


Salam Ngapak!

You Might Also Like

0 komentar